Cara Menjalankan Program IBM SPSS Statistic 21

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana menjalankan Program IBM SPSS Statistic 21 untuk data Anda !!

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, perlu diketahui terlebih dulu, Apa itu IBM SPSS Statistic 21 ? 

Pengertian :
SPSS adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk membuat analisis statistika. SPSS dipublikasikan oleh SPSS Inc.

SPSS (Statistical Package for the Social Sciences atau Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi pertama dirilis pada tahun 1968, diciptakan oleh Norman Nie, seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Stanford University, yang sekarang menjadi Profesor Peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago.

SPSS adalah salah satu program yang paling banyak digunakan untuk analisis statistika ilmu sosial. SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistika, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) juga merupakan fitur-fitur dari software dasar SPSS.

Nah sekarang sudah apa itu SPSS !!


-------------- IBM SPSS Statitic 21 --------------

Untuk Menjalankan Program SPSS ada beberapa yang perlu diketahui:

Baca Juga :

cara menghapus virus dengan menggunakan anti virus avira

Cara Menghilangkan penghambat Jaringan Komputer

Langkah Pertama :

- Download Link IMB SPSS Statistic 21

Kemudian Install Program tersebut pada Laptop Anda sampai selesai. Ketika penyistalan program IMB SPSS Statistic 21 telah  selesai diproses, maka akan muncul Icon pada Desktop Laptop Anda seperti gambar dibawah ini:


Langkah Kedua :

Pada langkah kedua, Anda tinggal mengklik dua kali pada Icon IMB SPSS Statistic 21 di desktop Laptop Anda yang telah barusan di Install. Yang perlu diketahui sebenarnya sangat mudah untuk menjalan program IMB SPSS Statistic 21 ini, tinggal anda harus teliti dalam menjalankannya.

Setelah Anda Mengklik dua kali pada Icon tersebut, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


Langkah Ketiga :

Pada Gambar diatas menunjukan beberapa pilihan untuk menjalankannya :

  • Run the tutorial : jika anda mengklik pada opsi tersebut maka anda melihat beberapa tutorial lengkap tentang penggunaan IMB SPSS Statistic 21.
  • Type in Data : jika anda mengklik pada opsi ini maka anda diarahkan untuk membuat data awal pada pengolahan data nantinya.
  • Create new queri using Database Wizard : jika anda mengklik pada opsi ini anda akan diarahkan untuk yang baru dengan menggunakan database Wizard
Nah,, dalam saya menjelaskan untuk bagi pemula, Pilih saja opsi pada yang kedua yaitu Type in Data. Kemudian klik OK, maka muncul seperti gambar dibawah ini.




Langkah keempat :


Pada langkah ini Anda diarahkan untuk mengedit data kuisioner pada colom-colom tertentu. Untuk colom name diisi dengan nama karakter atau variabel. Seperti contoh:
  • Usia 
  • Jenis Kelamin
  • Pendidikan Terakhir
  • Pekerjaan
  • Pendapatan,dll
coba perhatikan gambar dibawah ini :


Langkah Kelima :

Pada langkah ini saya menjelaskan cara mengubah Type String menjadi Type Numeric



Jenis tipe data yang digunakan untuk olahan data pada spss. Dalam SPSS banyak type data yang ditawarkan untuk tiap variabel, tetapi untuk keperluan analisis data yang biasa dipakai adalah: type String, Numeric dan Date.
  • Numeric : digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk angka.
  • Comma : Data ini berbentuk numerik, dianggap valid bila dalam bentuk angka, bisa bertanda plus maupun minus di depan angka, ditandai koma sebagai pembeda ribuan.
  • Dot : Data ini berbentuk numerik, dianggap valid bila dalam bentuk angka, bisa bertanda plus maupun minus di depan angka, ditandai titik sebagai pembeda ribuan.
  • Scientific Notation : Data ini berbentuk  numerik, dianggap valid bila dalam bentuk angka, bisa bertanda plus maupun minus, ditandai dengan simbol E.
  • Date : digunakan untuk memasukkan data tanggal. Ada sejumlah pilihan type/format tanggal, misalnya: dd.mm.yy.
  • Dollar : Data ini berbentuk numerik, dianggap valid bila dalam bentuk angka, yang ditandai ($) dengan tanda koma sebagai pemisah tanda ribuan.
  • Custom Currency : Bentuk tipe ini digunakan untuk menampilkan format mata uang yang dibuat melalui kotak dialog Options dari menu edit.
  • String : jika data yang ingin dimasukkan dalam bentuk karakter/huruf (misalnya: nama responden, alamat, lokasi penelitian, jenis pekerjaan dan sebagainya).

Langkah keenam :

Merupakan kode yang diberikan jika variabel yang digunakan kategorik. Misalnya untuk jenis kelamin, jika kode 1 untuk laki-laki dan kode 2 untuk perempuan maka pada value kita buat.





Hanya ini yang dapat saya jelaskan, semoga data bermanfaat bagi anda yang sedang ingin mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara menjalankan program IBM SPSS Statistic 21. Untuk lebih jelas lihat video dibawah ini :


2 komentar

yang butuh spss versi 21,22,23,24 bisa menghubungi saya 082322576215

Yang butuh spss 16,21,22,23,24 hubungi 082322576215